Cegah Kenakalan Pelajar Sejak Dini

Saipul : Perbanyak Pelatihan Dai di sekolah
Cegah Kenakalan Pelajar Sejak Dini

Dikirim Minggu, 22 Pebruari 2009 Oleh Andi | Info Kecamatan

Siswa – siswa SMP 1 tenggarong
TENGGARONG – Fenomena kriminalitas di kalangan anak muda khususnya pelajar sekarang, mendapat sorotan tajam dari Anggota Dewan Pendidikan Kutai Kartanegara (Kukar). hal tersebut diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar Saipul Aduar, menilai pelajar sekarang nampaknya belum menunjukkan trend menurun, bahkan kita seolah tersentak dengan dua (2) kasus akhir-akhir ini yang setidaknya dilakukan oleh pelajar itu sendiri. “Saya sangat prihatin dengan apa yang dilakukan pelajar tersebut, dengan berbuat hal-hal diluar dari tuntunan agama, sangat sedih apalagi mengarah kepada tindakan sexual harassment (pelecehan seksual). Ini semestinya harus segera kita cegah agar tidak terulang lagi,” kata Saipul baru-baru ini di Tenggarong.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar Saipul Aduar
Dewan pendidikan tersebut menjelaskan bahwa salah satu pemicu hal ini bisa terjadi disebabkan oleh dampak tontonan dan kecanggihan media serta alat komunikasi yang nyaris tak terbendung. Hal ini menurut Saipul tentunya, diperparah lagi dengan minimnya muatan pelajaran agama di sekolah dan longgarnya kontrol orang tua.
“Saat Ramadhan lalu, saya sempat meminta sekitar 20 siswa SMK di Tenggarong untuk membaca surah Al Fatihah satu persatu untuk mengetahui kompetensi mereka dalam membaca ayat wajib yang menjadi rukun qauli dalam sholat. Dan ternyata hanya dua (2) orang yang mampu membaca mendekati kebenaran menurut qa’idah tajwid,” katanya mengesahkan.
Kondisi ini tentunya tak boleh ditolerir begitu saja. Harus ada upaya sistimatis dan serius agar kondisi mereka menjadi lebih baik. Oleh karenanya berbagai kegiatan ekstra harus menjadi menu penunjang prioritas untuk dilaksanakan dis ekolah, khususnya SMA, MA, SMK di Kukar. “Pelajaran ekstra agama ini harus ditingkatkan,misalnya dengan pelatihan spiritual power, quantum learning, character building, pelatihan Da’I sekolah. Dengan demikian saya yakin upaya itu akan dapat mengeliminir ekses negative kemajuan zaman,’ ujarnya.
Saipul menambahkan, terlebih mendekati ujian akhir, siswa kita harus disiapkan secara optimal.Bebernya. (hmp15)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: