MANFAAT BLOG GURU/DOSEN BAGI PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN

Manfaat Blog Guru/Dosen Bagi Peserta Didik Dalam Pendidikan

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet sekarang ini memunculkan media baru. Media baru tersebut adalah blog, blog di Indonesia sudah berkembang dan kegiatan blogging juga telah menjamur di mana-mana dari berbagai kalangan dan setiap elemen masyarakat. Blog dapat dimanfaatkan di dalam setiap bidang kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Blog merupakan sebuah media yang mempunyai berbagai fasilitas sebagai sebuah website pribadi ataupun institusi. Web blog merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu menebus batas ruang dan waktu. Ditengah pesatnya perkembangan dunia yang penuh dengan persaingan, informasi merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Penyampaian informasi yang cepat dan tepat akan mendukung kegiatan-kegiatan dalam pendidikan terutama dalam pembelajaran.

Sebagai tenaga pendidik, guru ataupun dosen perlu untuk terus mengembangkan kompetensinya. Salah satu alternatif untuk mengembangkan kompetensi adalah dengan memanfaatkan media internet dalam pembelajaran dengan membuat blog, karena web blog merupakan media yang interaktif, media yang dapat mempermudah dalam memperluas wawasan dan eksistensi diri. Blog memiliki banyak manfaat, tergantung dari segi mana dan oleh siapa blog itu dipandang. Di dalam dunia pendidikan, pemanfaatan media blog dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas diri seorang guru. Dengan blog, seorang guru dapat menuliskan apapun tentang kegiatan- kegiatan di sekolah. Selain itu, blog juga bisa menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan-tulisan juga dikomentari banyak orang dengan berbagai sudut pandang, sehingga dari komentar tersebut dapat digunakan untuk belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang dalam menyikapi suatu masalah.

Pemanfaatan blog juga dapat bermanfaat bagi siswa atau peserta didik, diantaranya adalah web blog dapat digunakan sebagai media belajar karena materi ajar yang akan diberikan di sekolah ditampilkan sebagai layout halaman web. Hal ini sebagai suatu solusi dalam pengajaran di luar kelas sekaligus memperkenalkan siswa pada dunia teknologi dan informasi khususnya dunia internet. Sebagai media mengajar atau lebih tepatnya media untuk berbagi antar siswa khususnya SMP, SMA, dan mahasiswa.

Selain itu, blog juga memiliki beberapa manfaat bagi siswa, manfaat tersebut antara lain:

1. Mendorong siswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada di dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Hal ini, selain berguna sebagai ajang latihan mengungkapkan ide-ide yang terpendam, juga berguna untuk penghematan biaya dalam hal publikasi gagasan karena dengan media blog, sebuah gagasan tidak perlu dimuat dalam ribuan lembar kertas agar dapat terpublikasi secara luas. Setiap buah pikiran yang berhasil mereka dokumentasikan, sebaiknya diberi apresiasi agar mereka juga semakin terpacu untuk mendokumentasikan pengetahuan yang mereka punya. Apresiasi tersebut tidak harus berupa materi, tapi bisa juga berupa tanggapan, pengakuan, pujian, dan bahkan kritikan atas apa yang mereka berhasil dokumentasikan.

2. Menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksibel.

3. Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswanya.Misalnya seorang guru memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bias menjadi lebih menyenangkan.
Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.

4. Memperkenalkan teknologi internet di kalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan.

 

Dengan teknologi yang semakin canggih ini dan dimanfaatkan semaksimal mungkin, diharapkan dapat menghasilkan suatu perubahan besar, tidak hanya di bidang pendidikan, bahkan mencakup semua bidang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: